Selasa, 24 Mei 2011

Setting IP Camera


Manfaat IP Camera dapat memantau toko/kantor/pabrik dari rumah, dan banyak lainnya. Dapat memantau dari jarak jauh, kantor perwakilan-cabang dari pusat secara langsung (dengan remote camera, wireless camera, IPCamera, kamera cctv Internet atau via satelit). Dapat mengawasi rumah (babby sitter/pembantu dll) selagi anda bekerja di kantor, mengawasi pegawai, murid sekolah, dll.
Instalasi IP Camera kali ini untuk memantau sebuah usaha warung internet, dimana pemiliknya membeli sebuah ip camera dan ditempatkan di tempat usahanya dan dapat memantau perkembangan usahanya dari luar melalui internet.  Usahanya terdiri dari warnet, fotocopy, wartel.  Topology jaringannya secara singkat sbb :
ip camera———->switch———>server proxy——->modem ADSLSpeedy———>internet<-----pemilik usaha

Langganan internetnya menggunakan Speedy Biz 3 MB jadi sudah memiliki IPStatic di modemnya yang tidak berubah-rubah. Untuk proses instalasinya :
1. Pasang IP Camera disalah satu sudut yang strategis di tempat usahanya

2. Hubungkan ip camera ke switch(hub) menggunakan cable LAN, Setting IP dan port pada IP Camera device dalam hal ini diberikan IP Privat(local)

3. Forward Port ip camera dari modem ADSL Speedy ke server Proxy, kemudian dari server proxy forward port ip camera ke IP device IP Camera.

4. Si pemilik Usaha akan dapat mengakses IP Camera melalui IPStatic(Public) ADSL Speedy dengan port IP Camera.

Berikut instalasinya yang sempat saya dokumentasikan dengan text dan capture gambar :
Proses 1-2 bisa dilihat gambar dibawah ini, dimana IP Camera disambungkan ke switch D-Link,  kabel warna biru adalah kabel dari IP Camera device ke Switch :
Selanjutnya masuk ke konsol/web IP Camera device untuk setting IP Privat dan Portnya. Misal IP Privatnya 192.168.1.236 dan portnya 81 Jangan lupa set user dan password untuk login ke IP Camera ini. Kalau masih bingung bisa buka buku manual yang diertakan sata membeli perangkat IP Cameranya.
Proses 3, masuk ke konsol Modem Speedy dalam kasus ini menggunakan Modem ADSL Huawei SmartAX MT882a :
Basic—————-> NAT———————->Virtual Server
Masukkan Port IP Camera dan di forward ke IP Server Proxy :
Selanjutnya login ke Server Proxy(eth0 ke modem speedy, eth1 gateway LAN)  dan setting forwarding IP dan Port ke IP Camera device:
#iptables -A PREROUTING -t nat -i eth0 -p tcp—dport 81 -j DNAT —to 192.168.1.236:81
#iptables -A INPUT -p tcp -m state—state NEW —dport 81 -i eth0 -j ACCEPT
#iptables -nvL -t nat
Chain PREROUTING (policy ACCEPT 703K packets, 43M bytes)
pkts bytes target     prot opt in     out     source               destination
571 34260 DNAT       tcp —  eth0   *       0.0.0.0/0            0.0.0.0/0           tcp dpt:81 to:192.168.1.236:81
Sampai disini sudah selesai tinggal testing pada proses 4:
Dari luar si pemilik usaha tinggal masuk melalui browser seperti internet explorer,firefox ke IP Static Modem ADSL dan portnya kemudian login dan bisa melihat secara real time kegiatan di tempat usahanya.
Ref :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TRIK MERAUP DOLAR LEWAT INTERNET Lot of Visitors