Jumat, 05 Agustus 2011

Monitoring Stabilitas Link Dengan Fasilitas Netwatch

Tutorial sederhana berikut akan membahas bagaimana memonitor stabilitas link internet ke ISP / ke client anda. Berangkat dari kebutuhan monitoring DataUtamaNet  yang benar-benar real time untuk kualitas redundancy Fiber Optic XL  & Icon+ dari Semarang – Jakarta maka saya coba utik2 Mikrotik dan menemukan trik ini. Semoga dapat bermanfaat buat semua.
Here we go ..
Langkah pertama
Kita akan memanfaatkan fasilitas Netwatch dari Mikrotik dengan mengetikan perintah :
/tool netwatch add host=203.89.24.1 timeout=1 interval=00:00:01 down-script=LINKUP up-script=LINKDOWN
Dengan perintah diatas maka mikrotik akan menjalangkan ping ke host 203.89.24.1 ( ip dari server yang dituju ) intervalnya adalah 1 detik , time out 1 detik dan akan menjalankan script LINKDOWN ketika host tidak bisa di ping ( Request Time Out )
Dan begitu host sudah ping reply lagi maka script LINKUP yang akan dijalankan
Langkah ke dua
Membuat adonan scriptnya, ketikan command :
/system script add name=LINKDOWN source={/tool e-mail send subject=(”LINK DOWN ” . [/system clock get date] . ” ” . [/system clock get time]) from=alert@datautama.net.id server=203.89.24.4 to=priyo@datautama.net.id”}; :log info “LINK DOWN
/system script add name=LINKUP source={/tool e-mail send subject=(”LINK UP ” . [/system clock get date] . ” ” . [/system clock get time]) from=alert@datautama.net.id server=203.89.24.4 to=priyo@datautama.net.id”} ; :log info “LINK UP
Fungsi dari script diatas adalah melakukan pengiriman email ke kita dengan subject email adalah variable hari dan jam link itu down atau up kembali, dimana script di trigger oleh netwatch.
Dengan prinsip kerja yang sama kita bisa melakukan banyak modifikasi script untuk kepentingan lain seperti fail over gateway atau yang lain, manfaatkan imajinasi anda :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TRIK MERAUP DOLAR LEWAT INTERNET Lot of Visitors